You are here: Home Home Publikasi MALAM ANUGRAH WISATA JAWA TIMUR 2011
MALAM ANUGRAH WISATA JAWA TIMUR 2011 PDF Print E-mail
Wednesday, 26 October 2011 02:28

NEWS ROOM - Grand Final / Malam Anugerah Wisata Jawa Timur tahun 2011  yang diselenggarakan pada hari Selasa, 25 oktober 2011 di Mercure Grand Mirama Hotel Surabaya, di buka Oleh Gubernur Jawa Timur DR. H. Soekarwo,  yang di hadiri Oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Gus Iful, PANGDAM V Brawijaya serta  Kepala Daerah Kabupaten/Kota se Jawa Timur,

Keputusan 5 (lima) Dewan Juri yang terdiri dari Ketua, Titik Indrawati SH. Serta Anggota, Prof. Daniel M. Rosyid, Phd. Hedy Wahidin Saleh, SH. MBA. M.Si Par, Drs. Satrijo Wiweko, MT, dan Drs. Mahmud Suhermana, Memutuskan Pemenang Anugrah Wisata Jawa Timur Tahun 2011, untuk Katagori Daya Tarik Wisata Alam, Terbaik  adalah DTW GUNUNG KELUD di Kabupaten Kediri, Nominasi 1 DTW GOA LOWO di Kabupaten Trenggalek, Nominasi 2 DTW AIR TERJUN SEDUDO di Kabupaten Nganjuk .

Dan untuk Kelompok Daya Tarik Wisata Budaya Pemenang nya, Terbaik adalah DTW PONDOK PESANTREN BIHARRU BARRI di Kabupaten Malang, Nomonasi 1 DTW PESAREHAN SYECH CHONA CHOLIL di Kabupaten Bangkalan, Nominasi 2 DTW MASJID MCH CHENG HO di Surabaya.

Untuk Kelompok Daya Tarik Wisata Buatan Pemenang nya, Terbaik adalah, DTW MARGO UTOMO di Kabupaten Banyuwangi, Nomonasi 1  DTW TAMAN REKREASI SELECTA di Kota Batu, Nominasi 2 DTW TAMAN BOTANI SUKORAMBI di Kabupaten Jember.

Penghargaan kepada Pelaku Usaha Pariwisata atas peran nya dalam mengembangkan Pariwisata di Jawa Timur, di berikan kepada, Usaha Perhotelan HOTEL KUSUMA AGRO WISATA di Kota Batu, kepada Usaha Restoran/Rumah Makan SR, serta kepada Jasa Pramuwisat Sdr. JUWANA WIRJA/ Pramuwisata Madya spesiali Bahasa Prancis.

Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang mempunyai Komitmen dan Kepedulian tinggi dalam mengembangkan Sektor Pariwisata adalah, Pemerintah KOTA BATU, Pemerintah KOTA SURABAYA, Pemerintah KOTA PROBOLINGGO, Pemerintah KOTA BLITAR, Pemerintah KABUPATEN BANYUWANGI, Pemerintah KABUPATEN KEDIRI, Pemerintah KABUPATEN TRENGGALEK, Pemerintah KABUPATENMALANG, Pemerintah KABUPATEN PROBOLINGGO, dan Pemerintah KABUPATEN PACITAN.

Provinsi Jawa Timur  memiliki potensi sumber daya Alam dan sumber daya Manusia yang sangat besar di sektor pariwisata dimana daya tarik wisata yang indah dan layak untuk di kunjungi sebanyak 763 daya tarik yang terdiri dari 264 Daya Tarik Wisata Alam, 307 Daya Tarik Wisata Budaya, dan 192 Daya Tarik Wisata Buatan.

Dalam mengelola Potensi Pariwisata tersebut, Gubernur Jawa Timur DR. H. Soekarwo  minta tetap memperhatikan keseimbangan antara kepentingan usaha Pelestarian Lingkungan yang berbasis Ekonomi Kerakyatan, dengan melibatkan dan mengedepankan Masyarakat, sehingga mereka dapat ikut menikmati hasil Pembangunan Pariwisata.

Dalam rangka meningkatkan dan mengarahkan Pembangunan untuk menjadi sektor andalan guna menggerakkan perekonomian Masyarakat di Daerah yang dapat membuka Lapangan Kerja Baru bagi masyarakat dalam mendukung Program 4 Pilar Pembangunan, yaitu PRO-GROWTH, PRO-JOB, PRO-POOR dan PRO-ENVIRONMENT.

Pada Tgl 27 September 2011 Provinsi Jawa Timur Berhasil mendapat Penghargaan di bidang pariwisata pada CIPTA AWARD 2011 untuk Daya Tarik Wisata  Budaya Kawasan Makam BUNG KARNO di Kota Blitar di tetapkan sebagai JUARA Tingkat Nasional dan Pemenang Nomonasi yaitu Makam Suna Ampel di Surabaya, dan Goa Gong di Kabupaten Pacitan, dan Bandara Internasional/Nasional JUANDA satu-satunya yang di tetapkan sebagai Peringkat Bintang 4 sebagai Juara PERTAMA Tingkat Nasional dalam Penghargaan SAPTA PESONA untuk TOILET umum BERSIH.

Juga TAMAN SAFARI II Kabupaten Pasuruan sebagai Juara II dan GOA MAHARANI ZOO di Kabupaten Lamongan sebagai Pemenang Harapan I.
(BP).