You are here: Home Home Publikasi Akhirnya Pokdarwis Puspa Jagad Blitar Keluar Sebagai Jawara
Akhirnya Pokdarwis Puspa Jagad Blitar Keluar Sebagai Jawara PDF Print E-mail
Wednesday, 25 September 2013 11:47

News Room - Ini prestasi yang patut dibanggakan Jawa Timur, melalui kelompok sadarwisata (pokdarwis) Kampung Wisata Ekologis "Puspa Jagad" Gandusari Blitar menjadi juara pertama dalam lomba pokdarwisa tingkat nasional yang diadakan di Banjarmasin beberapa waktu lalu. 

 

" Awalnya kita mengadakan seleksi Pokdarwis di tingkat Provinsi Jawa Timur di 38 Kabupaten/Kota, dimana setiap peserta pokdarwis wajib mengumpulkan porto volio setelah itu pemenangnya kita ambil 5 pemenang yang selanjutnya dikirim ke tingkat Nasional. Yakni Puspa Jagad Blitar, Angsi Putih Pasuruan, Mangrup Surabaya, mangrup Banyuwangi dan Gubuk Klakah Malang," ujar Rosmiati Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata ketika dijumpai di Kantornya.


Rosmiati, menambahkan, kelebihan Puspa Jagad sebagai pemenang karena sumber daya masyarakatnya yang kreatif, bisa berkerja sama dengan intansi terkait tanpa bantuan dari investor seperti yang dilakukan oleh peserta lainnya. Pungkasnya.

 

Dewan juri melakukan serangkaian seleksi yang dimulai semenjak bulan Juni 2013 hingga Agustus 2013, seleksi penilaian didasarkan pada kriteria yang meliputi kelengkapan adminmistrasi, substansi yaitu upaya  Pokdarwis dalam menerapkan Sapta pesona, upaya Pokdarwis dalam menciptakan dan memperluas lapangan kerja dan lapangan usaha serta upaya Pokdarwis dalam melestarikan dan mengembangkan destinasi pariwisata.

 

Setelah melakukan peninjauan lapangan dan rapat menentukan pemenang, dewan juri menetapkan pemenang Pokdarwis sbb :  Peringkat 1. Pokdarwis Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad, Gandusari, Blitar Jawa Timur dengan Nilai 83, Peringkat 2, Pokdarwis Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba Nglaggeran, Patuk Gunung Kidul daerah Istimewa Yogyakarta dengan nilai 82, Peringkat 3, Pokdarwis semanggi, Surakarta Jawa Tengah dengan nilai 81.(mus)