You are here: Home Home Publikasi Sembilan Destinasi Wisata Terima Anugerah Wisata Jatim 2013
Sembilan Destinasi Wisata Terima Anugerah Wisata Jatim 2013 PDF Print E-mail
Tuesday, 03 December 2013 21:09

News - Room : Sebanyak 9 Destinasi wisata menerima penghargaan anugerah wisata Jawa Timur (AWJ) 2013. Penghargaan yang disampaikan terdiri dari 3 kategori destinasi, yakni destinasi wisata alam, buatan dan budaya.

Disela-sela acara tersebut diberitahukan  bahwa, Jawa Timur mendapatkan beberapa  penghargaan di tingkat Nasional yakni, Jawa Timur Park Kota Batu terbaik I sebagai pengelolaan daya tarik wisata Nasional berwawasan lingkungan 2013 dan kategori daya tarik wisata buatan.

Mesrcure Grand Mirama Hotel Surabaya mendapatkan juara I  Tingkat Nasional, Nasional Green Hotel Award 2013.

 

disampaikan pula,  Pokdarwis Puspa Jagad dari Kabupaten Blitar keluar sebagai juara I, kelompok sadar wisata Tingkat Nasional Tahun 2013, dan Raka – Raki sebagai juara I untuk Duta Wisata Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2013 yang melengkapi malam anugerah Wisata dan Penghargaan Seniman Jawa Timur Tahun 2013.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga memberikan penghargaan bagi seniman yang berprestasi yakni, bidang film, Iqbal Rais (alamarhun) dari Kota Surabaya, bidang seni rupa, Dadang Rukmana Kota Surabaya, bidang teater, Luhur Kayungga Kota Surabaya, bidang tari, Dimas Pramuka Atmaji Kota Surabaya, bidang sastra, Heri Lamongan Kabupaten Lamongan, dan bidang music, Djohan Perwiranto Kabupaten Pacitan.

Dan  3 tokoh  berdedikasi pada seni dan budaya Jawa Timur Tahun 2013 juga mendapatkan penghargaan yaitu, Supali (almarhun) dari Kabupaten Mojokerto, H. Syakirun dari Kabupaten Madiun, Solikin Jabbar dari Kota Surabaya.

Untuk wisata alam, penghargaan AWJ 2013  terbaik diraih Kabupaten Malang (Kebun The Wonosari), terbaik kedua Kabupaten Probolinggo (Beejay Bakau) dan terbaik ketiga diraih oleh Kabupaten Tulung Agung (Waduk Wonorejo).

Sedangkan kategori Wisata budaya, juara pertama diraih oleh Kabupaten Gresik (Makam Sunan Giri), juara kedua Kota Surabaya (Masjid Al Akbar) dan juara ketiga Kabupaten Jombang (Ponpes Majmaal Bahrain  Siddiqiyah Ploso).

Sementara penghargaan untuk kategori wisata buatan, juara pertama diraih oleh Kabupaten Jember (Jember Tiara Park), juara kedua Kabupaten Nganjuk (The Legend Waterpark) disusul juara ketiga dari Sidoarjo (Agro Kusuma Tirta).

"Kegiatan ini untuk mendorong para pengelola agar lebih mengembangkan destinasi wisata di daerahnya masing-masing,"Kata Kadisbudpar jatim Jarianto melalui disbudpar.jatimprov.go.id.

Kegiatan yang diikuti 28 Kabupaten dan 9 Kota di Jawa Timur ini juga memberikan penghargaan kepada para kepala daerah yang berkomitmen dalam peningkatan kunjungan wisata.

Selanjutnya bagi masing-masing pemenang berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 10 Juta dari Gubernur Jawa Timur Soekarwo,"

Mudah-mudahan bermanfaat,"papar Jarianto.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang hadir pada malam AWJ 2013 mengatakan, Jawa Timur merupakan propinsi yang kaya akan destinasi wisata. Total keseluruhan hampir 750 destinasi. Dengan banyaknya destinasi ini, kata Soekarwo Jawa Timur semakin diperhitungkan dalam peta wisata dunia. "Penerimaan industri wisata sifatnya langsung  diterima masyarakat, tidak melalui skema pembiayaan (seperti souvenir, kuliner Dll). Dan industri ini  tidak mengenal krisis,"Imbuh Soekarwo

Karena itu, untuk meningkatkan kunjungan wisata, Pemprov Jatim saat ini tengah mendorong untuk pembangunan transportasi udara. Agar akses satu tempat wisata dengan lainnya semakin  mudah. "Kita telah menjalin kerjasama dengan Garuda Indonesia,"pungkasnya.(fad/mus)