You are here: Home Wisata Wisata Bahari Pengunjung Pantai Ria Kenjeran meningkat 8% per tahun
Pengunjung Pantai Ria Kenjeran meningkat 8% per tahun PDF Print E-mail
Saturday, 16 January 2010 17:55

Wisata Perahu ke SuramaduSalah satu lokasi wisata bahari di Surabaya, yakni pantai Kenjeran mulai berbenah. Sejumlah fasilitas pendukung mulai dari infrastruktur, areal penginapan hingga fasilitas sirkuit terus diperbaiki. Dermaga perahu juga disiapkan untuk memudahkan para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan di Jembatan Suramadu.

Sejumlah perahu nelayan disiapkan. Untuk menikmatinya, pengunjung dapat membayar tiket sebesar  Rp. 100.000,- (Seratus ribu rupiah) sebanyak 10 orang.  Selama dua jam menuju SURAMADU, wisatawan bisa menikmati pemandangan pulau madura di sebelah utara.

Patung Dewi Kwan ImMeski tidak memiliki pantai berpasir namun, pantai yang berjarak 10 km dari pusat kota  tersebut membentang dari utara sampai selatan dengan luas area-nya mencapai 100 Ha. Fasilitas yang bisa dibilang baru adalah pantai pasir di tengah laut, untuk sampai ketujuan wisatawan bisa menyewa perahu dengan harga per orang Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) maksimal 10 orang (rombongan).

Wisatawan di pulai pasir dapat langsung melihat karang, bintang laut sambil bersantai menikmati minuman dan makanan khas Kenjeran yang tidak terdapat ditempat lain.

Hari Widodo, Humas Pantai Ria Kenjeran mengatakan jumlah pengunjung di tahun 2008 mencapai 726.830 orang sementara di tahun 2009, lonjakan pengunjung mencapai 785.046 orang. ”Ada peningkatan sebesar 8 %, kondisi ini disebabkan oleh adanya perbaikan fasilitas dan dukungan promosi berupa event yang selalu digelar di Pantai Kenjeran” ujar Hari.

Untuk dapat masuk ke Pantai Ria, pengunjung dikenakan karcis masuk Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) kendaraan roda 2 dan kendaraan roda 4 Rp. 7.500,- (tujuh ribu lima ratus rupiah) ditambah 1 penumpang Rp.2.500,- (dua ribu lima ratus rupiah).

 Di Pantai Ria Kenjeran, juga disediakan tempat pemancingan bandeng dengan biaya untuk 4 jam (2 stik) Rp. 80.000,- (delapan puluh ribu rupiah) dua jam (2 stik) Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) sementara jika pengunjung membawa stik lebih dari 2 stik akan dikenai biaya tambahan per stik Rp. 40.000,- (empat puluh ribu rupiah) per-jamnya Rp.20.000,- (dua puluh ribu rupiah).

 Wahana rekreasi keluarga berupa kolam renang juga dibuka tiap hari. Untuk masuk ke areal waterpark ini, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp. 8.500,- (delapan puluh ribu rupiah) per-orang, dan khusus untuk hari minggu biayanya Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah) per orang.

Sirkuit KENPARKHari Widodo menambahkan, penyediaan fasilitas pendukung berupa areal olahraga juga tersedia. Mulai dari Gedung Futsal dan sirkuit otomotif. Wisatawan juga bisa mencicipi makanan laut mulai lontong kupang, juga ikan laut kering seperti, krupuk tripang, cumi - cumi, udang ebei, belut laut, teri laut dll.

”Kami menyediakan areal khusus bagi penjual, hal ini untuk menyeragamkan harga sehingga konsumen dapat berbelanja dengan nyaman” tutur Hari Widodo

Sekedar informasi, Harga oleh-oleh berupa makanan laut bisa didapatkan dengan harga bervariasi mulai Rp.3.000,- (tiga ribu rupiah) sampai Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah).

Hari juga mengatakan, wisatawan yang ingin membawa oleh - oleh untuk sanak saudara dan sahabat karib  tersedia cindra mata terbuat dari karang laut berupa, figura jam dinding, figura foto, figora kaca, figora lampu, tempat tisue, korden dll. (Mus Baihaki)

 

Fasilitas Pantai Ria Kenjeran :

-          Kolam pancing

-          Hotel

-          Futsal,

-          Multi Function Hall

-          Water park Kenjeran.

-          Arena balap motor

-          Arena pacuan kuda