Kadisbudpar Jatim, Sinarto Memberi Sambutan

Pariwisata Prima Kirtti 11 Juli 2022 12:36:52 WIB

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Destinasi Pariwisata menyelenggarakan Penguatan Desa Wisata di Desa Wisata Sawahan, Kabupaten Trenggalek selama dua hari Selasa (5/7) dan Rabu (6/7).

Pada hari pertama, Selasa (5/7) kegiatan Penguatan Desa Wisata dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto. Dalam sambutannya, Sinarto menyampaikan bahwa diperlukan upaya menggali potensi yang unik dari tiap desa wisata.

Masih menurut Sinarto, keunikan tersebut menjadi atraksi yang dapat menarik wisatawan untuk berkunjung. Dalam kesempatan tersebut, Kadisbudpar Jatim mengajak untuk berkolaborasi untuk memajukan desa wisata di Jawa Timur yang merupakan bagian dari kebijakan gubernur yang tertuang dalam nawa cita.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek Sunyoto menyampaikan paparan terkait Kebijakan Pengembangan Desa Wisata Kabupaten Trenggalek. Sedangkan, Pemerhati Desa Wisata Mirza Ananta berbagi kiat Membangun Destinasi Wisata Berbasis Desa Wisata dan Pemberdayaan Masyarakat Lokal. Sementara itu, Operations Manager Aneka Kartika Tours Adjie Wahjono berbagi wawasan tentang Pengemasan Produk dan Membangun Jejaring.

Pada hari kedua Rabu (6/7), Direktur PT Natrya Kreasi Mandiri Ryan Fabella memaparkan paparan Membangun Ekosistem Komunikasi Pemasaran Desa Wisata. Selanjutnya Ketua Pemasaran Pokdarwis Jatim Abdul Karim memaparkan Penguatan Kelembagaan dan Pengelolaan Desa Wisata. Berikutnya Ketua Desa Wisata Boon Pring Sanankerto Subur memberi paparan terkait Perencanaan Strategi Pengelolaan Daya Tarik Wisata Berkelanjutan.

Pada akhir acara, peserta diajak untuk mempromosikan potensi desa wisata mereka di hadapan biro perjalanan wisata.