Diseminasi Hasil Kajian MICE Tahun 2021

Pariwisata Administrator 15 Juni 2021 10:14:51 WIB

Salah satu program strategis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur adalah pembuatan Kajian Potensi MICE Jawa Timur yang diselenggarakan sejak bulan Maret sampai Mei 2021, melalui kerjasama antara Bidang Pemasaran Disbudpar Prov. Jatim bersama dengan Tim Peneliti dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari Direktorat Kajian Strategis dan Statitisi Pusat Data serta Sistem Informasi. Hasil akhir Kajian tersebut dipaparkan dalam Diseminasi Hasil Kajian Potensi MICE Jawa Timur pada hari Jumat, tanggal 11 Juni 2021 di Hotel Ibis Styles Surabaya.

Kajian Potensi MiCE Jawa Timur dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu  Focus Group Diskusi (FGD) yang melibatkan instansi pemerintah, industri MICE dan akademisi di wilayah tujuan MICE di Jawa Timur yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi, dan Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu). Adapun responden sampling berasal dari Professional Convention Organizer (PCO) / Event Organizer (EO) MICE, pemilik dan pengelola venue MICE baik hotel maupun non hotel, Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota serta akademisi. Hasil akhir pengolahan data sampling tersebut dipaparkan dalam acara Diseminasi Hasil Kajian Potensi MICE yang dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring), dengan diikuti oleh 50 peserta secara luring, dan peserta daring sebanyak 107.

Pada sesi presentasi yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab diperoleh Indikasi Strategi Pengembangan MICE Jawa Timur kedepan yaitu :
1. Memperkuat diversifikasi potensi pada setiap wilayah,
2. Sinergitas untuk mendapatkan paket lengkap jangka pendek,
3. Melengkapi atribut MICE jangka panjang.

Adapun soft copy Buku Kajian Potensi MICE Jawa Timur dan Pedoman CHSE Penyelenggaraan MICE dapat diakses melalui tautan : bit.ly/DiseminasiHasilKajianMICEJatim.

Acara Diseminasi Hasil Kajian Potensi MICE Jawa Timur dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sinarto, S.Kar, MM. Dalam sambutannya  beliau menyatakan bahwa  bisnis even atau MICE memiliki peran penting dalam mendorong pergerakan manusia ke destinasi wisata. Disamping itu, MICE juga berperan dalam menciptakan multiplier effect (efek berganda) yang lebih besar pada perekonomian di suatu destinasi. Oleh karena itu Kajian Potensi MICE Jawa Timur ini sangat penting sebagai langkah awal untuk menyusun strategi pengembangan pariwisata Jawa Timur dan Hasil Kajian MICE ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan acuan rancangan kebijakan pengembangan MICE di Jawa Timur.