Penampilan kesenian dihapadan tamu undangan

Kebudayaan Achmad Riza Maulana 18 Agustus 2022 02:15:14 WIB

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur menggelar Festival Penanggungan “Pawitra Pradaksinapatha” 2022.

Kegiatan ini merupakan yang kedua kali diadakan dan merupakan kolaborasi antara Disbudpar Jatim dan Unversitas Surabaya (Ubaya).

Rangkaian kegiatan yang digelar tanggal 13 hingga 15 Agustus 2022 tersebut, meliputi Gelar Budaya Pawitra, Jelajah Jalur Kuno, dan Jelajah Situs Gunung Penanggungan.

Acara ini dihadiri oleh Sekda Provinsi Jawa Timur Bapak Adhy Karyono dan Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Bapak Sinarto beserta rombongan. Kegiatan ini diikuti oleh 75 orang yang terdiri dari mahasiswa pecinta alam dari Jatim maupun wilayah lain, stakeholder, komunitas pelestari cagar budaya, dan masyarakat sekitar.

Sebagai informasi, Pawitra Pradaksinapatha secara etimologi berasal dari kata Pawitra yang berarti Gunung Penanggungan dan Pradaksinapatha yang berarti berjalan melingkar searah jarum jam. Sehingga, Pawitra Pradaksinapatha memiliki arti berjalan mengelilingi jalur kuno Gunung Penanggungan searah jarum jam.