Festival Kresnayana 2021

Kebudayaan Administrator 10 Juni 2021 11:18:52 WIB

Festival Kresnayana merupakan agenda tahunan kerjasama antara Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Blitar. Festival Kresnayana tahun ini merupakan keempat kalinya. Pada kali ini diadakan secara live streaming pada Tanggal 5 Juni 2021 melalui akun resmi Youtube disbudparjatim, dengan lokasi pelaksanaan pertunjukan di Amphiteater Penataran, Kabupaten Blitar. Lakon yang diangkat kali ini berjudul “Dhuta Pamungkas”, disutradarai oleh Irwan Riyadi, S.Sn dan penulis naskah sekaligus penata tari putra adalah Dhimas Anggoro Putro, S.Sn.

Kru lain yang terlibat antara lain, Novyta Mijil Purwana, S.Pd sebagai penata tari putri, Aditya Danar Pramudita, A.Md sebagai penata busana, Indra Rahayu sebagai penata rias, Drs. Sudarwiyanto sebagai penata musik, dan Arifin sebagai penata artistik. Sedangkan penyaji yang tampil adalah dari Sanggar Pendopo Kabupaten Blitar. Pada pertunjukan kali ini, membawakan kisah tentang penobatan Kresna sebagai duta terakhir. Penobatan tersebut merupakan jalan damai yang diambil oleh Pandawa bersama Korawa, meski pada akhirnya berujung pada peperangan. Tokoh Kresnayana sendiri dapat ditemukan di dalam relief Candi Jago dan Candi Penataran. Dalam relief Candi Jago yang berada di teras ketiga mengisahkan mengenai kisah hidup Kresna. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi upaya pelestarian tradisi terutama seni pertunjukan.

Apabila melihat Candi Penataran yang sangat potensial selain dari segi sebagai sebuah Cagar Budaya, akan lebih berkembang lagi nilainya jika dimanfaatkan pula sebagai ruang untuk melaksanakan seni pertunjukan. Sehingga kegiatan ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi wisata budaya di Kabupaten Blitar, jika kegiatan ini sudah memiliki branding maka akan berpotensi untuk menjadi ikon wisata budaya Kabupaten Blitar, selama dapat dilaksanakan secara rutin dan terjadwal agar dapat mendatangkan nilai ekonomi pula bagi masyarakat sekitarnya.