Paparan oleh narasumber

Pariwisata Prima Kirtti 04 April 2022 02:10:11 WIB

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melalui Bidang Destinasi Pariwisata menggelar acara Peningkatan Kemampuan Teknis Pengelolaan Destinasi Wisata Buatan. Bertempat di Hotel Nirwana Sarangan, Kabupaten Magetan Rabu (23/2) dan Kamis (24/2), sebanyak 60 peserta mendapat paparan terdapat empat narasumber berbagi wawasan terkait pengelolaan destinasi wisata buatan.

Pada hari pertama, Ketua DPD PUTRI Jatim, Hedy Wahidin Saleh, SH., MBA., Msi.Par memaparkan materi terkait Pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan Di Destinasi Wisata Buatan. Sedangkan Kadisbudpar Kab Magetan Joko Trihono, S.Sos, M.Si memaparkan Pariwisata Sebagai Hospitality Industri.

Sedangkan pada hari kedua, Akademisi ITS Wahyu Setiawan, ST, MT, menjelaskan materi terkait Landscape Tata Kelola Destinasi Wisata Buatan. Selanjutnya Direktur Utama, Mojosemi Forest Park Sofian Zainudin, S.psi memaparkan Sukses Story Pengelolaan Destinasi Wisata Buatan dan Tinjauan Lapangan.

Kepala Seksi Destinasi Wisata Budaya dan Buatan Achmad Ansori, SE, MM dalam laporannya mengatakan, tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah agar pelaku pariwisata / instansi terkait di Kab Magetan, Kab Ngawi, Kab Madiun, Kota Madiun, Kab Nganjuk, Kab Ponorogo mengerti, memahami dan mampu menerapkan pengelolaan destinasi wisata buatan yang baik.

Dalam sambutannya, Kadisbudpar Kab Magetan menuturkan, pembangunan destinasi wisata buatan yang dilakukan dengan konsep berkelanjutan memerlukan sentuhan entrepreneur yang penuh inovasi dan kreasi, atraksi/ wahana yang disuguhkan harus lebih menarik dan bermanfaat sehingga dapat mewujudkan 4 pilar fokus yang dikembangkan, yaitu pengelolaan berkelanjutan (bisnis pariwisata), ekonomi berkelanjutan (sosio ekonomi) jangka panjang, keberlanjutan budaya (sustainable culture) yang harus selalu dikembangkan dan dijaga, serta aspek lingkungan (environment sustainability).