Misi Dagang Jawa Timur di DKI Jakarta

Umum Administrator 16 Juni 2021 03:21:23 WIB

Dalam rangka memulihkan perekonomian Jawa Timur di era kenormalan baru, Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya meningkatkan perdagangan antar daerah, salah satunya melalui kegiatan Misi Dagang, yang diselenggarakan di Hotel Bidakara Jakarta pada tanggal 3 Juni 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas ekonomi kedua Provinsi melalui komoditas perdagangan dan investasi. Sebanyak 168 pelaku usaha dari Jawa Timur dan DKI Jakarta melakukan temu bisnis dalam kegiatan Misi Dagang tersebut.

Disamping agenda utama berupa temu bisnis antara pengusaha dari Jawa Timur dengan DKI Jakarta, dilaksanakan pula penandatanganan Perjanjian Kerja Sama di bidang perindustrian, perdagangan, investasi, pariwisata dan ekonomi kreatif, kebudayaan, pertanian dan pengembangan sumber daya manusia oleh masing-masing kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di kedua Provinsi. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur juga melakukan penandatanganan 2 (dua) Perjanjian Kerja Sama yaitu : Pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dengan ruang lingkup penyelenggaraan even pariwisata dan ekonomi kreatif, pengenalan potensi wisata (Fam Trip), promosi pariwisata secara langsung, serta pengembangan branding, dan Pemajuan kebudayaan dengan Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dengan ruang lingkup pameran, pertukaran misi kebudayaan intangible dan tangible baik secara daring maupung luring, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia pelaku budaya, pertukaran data dan publikasi informasi budaya serta monitoring dan evaluasi penyelenggaraan kerja sama.

Kegiatan Misi Dagang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Emil Dardak. Acara diawali dengan seremonial pembukaan yang dilanjutkan dengan simbolis penandatanganan PKS oleh para kepala OPD. Dalam sambutannya Wakil Gubernur Jawa Timur menyatakan bahwa Jawa Timur dan DKI Jakarta merupakan dua provinsi yang memberikan kontribusi besar terhadap PDB Nasional. Provinsi Jawa Timur  telah 4 kali melaksanakan misi dagang di DKI Jakarta dalam 5 tahun terakhir, dengan nilai transaksi sebesar Rp. 3,699 Triliun.

Gubernur Anies Baswedan dalam sambutannya menyatakan bahwa kerja sama ini sangat mendasar dan penting dengan berlandaskan keadilan bagi setiap kalangan agar semua pihak terpenuhi kesejahteraannya dan proses kegiatan pasar pun dapat berjalan dengan baik sekaligus efisien. Jakarta sebagai ibukota negara memiliki 17-18 persen aktivitas perekonomian di Indonesia untuk dikontribusikan ke seluruh Tanah Air. Namun Jakarta masih tergantung pada komoditi dari luar daerah, khususnya yang menyangkut kebutuhan dasar seperti pasokan kebutuhan pangan yang apabila dihitung dapat mencapai 98%. Pada acara tersebut juga ditampilkan ragam kain batik Jawa Timur melalui fashion show busana batik khas Jawa Timur oleh desainer kenamaan Jawa Timur, Embran Nawawi