Acara Sosialisasi Museum dan Penyebarluasan Informasi Koleksi Museum

Pariwisata Administrator 23 Juni 2021 09:47:02 WIB

Pandemi Covid 19 mengakibatkan ruang gerak masyarakat untuk mengakses destinasi wisata menjadi berkurang. Museum Mpu Tantular Provinsi Jawa Timur berusaha beradaptasi dengan meluncurkan layanan daring (online) dengan mengusung kegiatan bertema “Sosialisasi Museum dan Penyebarluasan Informasi Koleksi Museum, Kebangkitan Museum di Era Normal Baru”. Kegiatan sosialisasi  dan publikasi koleksi museum merupakan bagian dari upaya pengelola museum untuk tetap berkreasi di tengah melesunya dunia pariwisata tanah air. Kegiatan sosialisasi dan publikasi museum ini dibuka oleh kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Sinarto, S.Kar. M.M.

Aneka suguhan ditampilkan untuk mengisi acara ini diantaranya pertunjukan tari kreasi Gandrung Banyuwangi yang dibawakan oleh Sanggar Tari MS2 Production Surabaya. Selain itu di dalam sesi acara juga dilaksanakan acara pemanduan museum yang mengikutsertakan peserta yang hadir untuk secara bersama-sama mengikuti tour keliling musem. Dalam rangkaian kunjungan tour museum ini dilakukan siaran secara daring sehingga para peserta kegiatan di rumah dapat mengikuti acara kunjungan museum secara online. Selama kunjungan ke ruang pamer ini peserta diajak untuk senantiasa mengedepankan penerapan protocol kesehatan.

Acara pokok dari kegiatan sosialisasi dan publikasi museum ini secara singkat berisi publikasi-publikasi kegiatan museum selama masa pandemi seperti: Pembuatan paket Virtual Tour Museum, lomba video kreatif, video publikasi protocol kesehatan, dan pelaksanaan Live Streaming Tour Museum. Hasil kegiatan museum ini ditayangkan dalam media videotron yang ditayangkan di depan undangan. Tayangan ini juga disiarkan langsung melalui aplikasi zoom meeting sehingga dapat diikuti secarang online. Kegiatan sosialisasi yang berlangsung secara offline maupun online ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2021 dengan mengundang media massa, asosiasi tour and travel, asosiasi museum, komunitas pelestari budaya, akademisi perguruan tinggi, sekolah dari seluruh tingkatan, dan lain sebagainya.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan secara offline dan online dengan melalui zoom meeting serta live instagram. Melalui kegiatan sosialisasi dan publikasi museum ini diharapkan masyarakat tetap bisa mengakses museum dan informasi koleksi di dalamnya baik secara langsung maupun secara daring (online) dengan melalui aplikasi virtual tour museum Mpu Tantular