Menparekraf Menyerahkan Sertifikat ADWI

Pariwisata Prima Kirtti 04 April 2022 02:15:39 WIB

Dalam rangka mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat sesuai dengan program pengembangan Desa Wisata yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan kegiatan “Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022” dengan tema “Indonesia Bangkit” dengan rangkaian acara yang dimulai pada bulan Februari hingga September 2022. 

Sebagai salah satu rangkaian acara tersebut, dilakukan kunjungan dalam rangka sosialisasi 7 kategori penilaian ADWI 2022 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke beberapa Desa Wisata di Indonesia. Dengan salah satu desa yang akan dikunjungi adalah Desa Wisata Sendang, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur pada hari Sabtu, 12 Maret 2022.

Desa Wisata Sendang, Kabupaten Pacitan merupakan desa wisata Jawa Timur yang masuk dalam 300 besar peserta ADWI 2021. Dalam kunjungannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Pacitan, Kepala Bakorwil Madiun, Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan, dan Pengelola Desa Wisata Sendang. Kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan 5M dan CHSE.

Peserta ADWI 2022 terlebih dahulu mendaftar melalui situs https://jadesta.kemenparekraf.go.id/. Masing-masing peserta akan berlomba-lomba dalam kategori penilaian dalam ADWI 2022, yakni Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Digital dan Kreatif, Suvenir, Toilet Umum,CHSE, dan Kelembagaan Desa. ADWI menjadi momentum semangat baru masyarakat untuk terus berprestasi, mempromosikan Potensi, serta menumbuhkan Harmonisasi Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, Masyarakat desa dan Penggiat Pariwisata.