Foto Bersama Para Peserta

Pariwisata Prima Kirtti 04 April 2022 02:12:49 WIB

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur kembali menggelar Peningkatan Potensi dan Kapasitas Sumber Daya Lokal di Sekitar Destinasi Pariwisata. Bertempat di Hotel Dewarna, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (9/3), acara dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Kadisbudpar Jatim), Sinarto membuka secara resmi acara tersebut. Dalam sambutannya Kadisbudpar Jatim menuturkan, jika folklore kuat akan menjadi potensi yang bisa dikembangkan sebagai akses kepariwisataan. Masih menurut Kadisbudpar Jatim, kebangkitan Jawa Timur berawal dari desa.

Dalam kesempatan yang sama Budianto, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro dalam sambutannya berharap dengan acara tersebut dapat berdampak pada bangkitnya pariwisata dan ekonomi kreatif di Bojonegoro maupun di Jawa Timur. Sementara itu, Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disbudpar Jatim Susiati dalam laporannya menyampaikan, pada hari kedua para pengelola desa wisata akan dipertemukan dengan biro perjalanan wisata. Sehingga para pengelola destinasi desa wisata dapat menyampaikan potensi wisata yang mereka miliki.

Pada hari pertama, Hery Nurcahyo dari Perhutani KPH Bojonegoro berbagi wawasan terkait Regulasi Pengelolaan Destinasi Pariwisata di Wilayah Perhutani. Sedangkan Adi Hasto Utomo, Pokdarwis Jawa Timur berbagi wawasan terkait Tata Kelembagaan Desa Wisata. Sementara itu Ahmad Iwan Zunaih dari Institute Pesantren Sunan Drajad Lamongan menyampaikan materi terkait Inovasi Produk Wisata Berkelanjutan. Pada hari kedua, Kamis (10/3) Eko Wihadi, Kampung Wisata Ekologis Puspajagad berbagi kisah sukses dalam mengelola Desa Wisata. Selanjutnya, para peserta memperkenalkan potensi desa wisata kepada Biro Perjalanan Wisata.