Narasumber yang sedang memberi materi

Pariwisata Administrator 27 September 2021 11:36:22 WIB

Jawa Timur mempunyai ratusan event budaya dan pariwisata yang diselenggarakan dalam kurun waktu satu tahun, apabila diambil rata rata maka dalam satu tahun kurang lebih terdapat 450 event. Beberapa event  tersebut  telah terpilih kurasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan masuk pada Kharisma Event Nusantara  (KEN) 2021. 

Di masa pandemi covid 19 (mulai Maret 2020), kurang lebih 445 event di  38 Kabupaten/Kota Jawa Timur hampir seluruh event dibatalkan atau dilaksanakan secara virtual dan terbatas (tanpa penonton/peserta). Sampai saat ini pandemi masih berlangsung dan belum dapat diketahui kapan akan berakhir, sehingga Kabupaten/Kota belum maksimal untuk merencanakan penyelenggaraan event di tahun 2021. 

Oleh karena itu, sebagai upaya menambah wawasan dan mengisi kegiatan di masa pandemi yang dapat menjadi bekal ketika situasi menjadi normal, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Workshop Penyelenggaraan Event Budaya dan Pariwisata Jawa Timur 2021 dengan mengundang beberapa narasumber yang berkompeten dalam manajemen  penyelenggaraan berbagai event. 

Tujuan penyelenggaraan workshop adalah : 

  1. Agar para penyelenggara event mendapat referensi dari para praktisi event budaya dan pariwisata, sehingga dapat meningkatkan profesionalisme penyelenggaraan event  terutama di masa pandemi covid 19;
  2. Agar event budaya dan pariwisata di Jawa Timur meningkat  menjadi skala nasional bahkan internasional, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Timur
  3. Mendorong penyelenggara event di Kabupaten/Kota, minimal memiliki satu event unggulan yang dapat diminati oleh biro perjalanan wisata sehingga dapat dimasukkan dalam paket wisata.
  4. Workshop dilaksanakan pada tanggal 15 – 16 September 2021 secara dalam jaringan (online) dan dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Bapak Sinarto S.Kar. MM. 

Narasumber berasal dari : 

  1. AKBP Kamal Bahtiar S.IK dari Kepolisian Daerah Jawa Timur
  2. Ibu Deborah Sharon dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 
  3. Bapak David K Susilo dari Jember Fashion Carnaval 
  4. Ki Ardhi Poerbantono dari Pepadi Jawa Timur 
  5. Bapak Monas Tjahjono dari PT. Sagem 

Jumlah peserta yang mendaftar secara online sebanyak 223 orang, dengan perincian 33 berasal dari luar Jawa Timur (Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTB, NTT dan Sulawesi) dan 190 orang berasal dari Jawa Timur.  Adapun instansi asal peserta antara lain, Instansi terkait, Perguruan Tinggi, Biro Perjalanan Wisata, Desa Wisata, Event Organizer, Museum, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Art Galery, Studio Seni, Duta Wisata, Sanggar Seni, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Dalam Negri. 

Workshop berjalan lancar dan mendapat respon yang cukup bagus dari para peserta, dimana para peserta secara aktif bertanya kepada narasumber melalui fasilitas chat yang tersedia dan mengisi survey yang dilakukan oleh Panitia, dengan hasil sebagai berikut :

  1. Peserta menyatakan bahwa workshop bermanfaat dan menarik dengan score 5,4 poin,  dari 6 poin yang merupakan poin tertinggi ;
  2. Peserta menyatakan bahwa workshop perlu dilaksanakan lagi tahun depan dengan score 99?ri keseluruhan jumlah peserta ;
  3. Topik workshop yang diusulkan peserta : kompetensi penyelenggaraan MICE, fasilitasi dan kerjasama event, menejemen travel agent dan inbound tourism, marketing dan sosial media, pariwisata ramah difabel, industri kreatif dan film serta wisata kriya;
  4. Penyelenggaraan even secara umum mendapat nilai (score) dari peserta sebesar 5,42 poin dari 6 poin yang merupakan poin tertinggi.