Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

8 Desa Wisata Jawa Timur Sabet Juara Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023

Jakarta - Sebanyak 8 (delapan) Desa Wisata Jawa Timur meraih juara dalam ajang bergengsi nasional Anugerah Desa Wisata Indonesia. Bertempat di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (27/8), penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno. 

"Dari 7.275 desa wisata di seluruh Indonesia, telah terjaring 4.573 peserta desa wisata ADWI dari seluruh provinsi di Indonesia tahun 2023," kata Sandiaga Uno soal ajang desa wisata terbaik ini dalam video yang dibagikan pada Selasa, 21 Maret 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiyono menyampaikan, desa wisata pemenang dari Jawa Timur merupakan hasil dari asas Inisiasi, Kolaborasi dan Inovasi yang dilakukan oleh seluruh pentahelix pariwisata di Jawa Timur. Kadisbudparprov Jatim menambahkan, desa wisata telah terkurasi dari 500 besar, 300 besar dan 75 besar.

Masih menurut Hudiyono, Disbudparprov Jatim menghimpun data bahwa Jawa Timur memiliki 596 desa wisata yang tersebar dari Kabupaten Pacitan hingga Banyuwangi. Ia menambahkan, jumlah desa wisata tumbuh secara signifikan tiap tahunnya dan memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat.

Lebih lanjut Hudiyono mengatakan, pertumbuhan desa wisata selaras dengan visi Jatim Harmoni Gubernur Jawa Timur. Gubernur juga memiliki visi untuk membangun desa wisata di Jawa Timur sebagai desa wisata Cerdas, Mandiri dan Sejahtera (dewi cemara).

Berikut perolehan Desa Wisata Jawa Timur dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023 :

Dewi Terbaik
Ketapanrame, Mojokerto, 50jt

Rekor Muri
Durensari, Dewi yg memiliki kawasan hutan durian terluas

10 terbaik kategori Digital dan kreatif
Juara 5 kampung Heritage Kayutangan, Kota Malang
Harapan Sendang, Pacitan

kategori Kelembagaan Dewi dan CHSE
Juara 2 Bira Tengah, Sampang
Juara 3 Durensari, Trenggalek
Juara 4 Bowele, Malang

Daya Tarik Pengunjung
Harapan Kebangsaan Wonorejo, Kab. Situbondo

8 terbaik klasifikasi Desa Rintisan
Harapan Edelweiss Wonokitri