Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Seminar Peningkatan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Pertunjukan di Jawa Timur

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT Pemberdayaan Lembaga Seni dan Ekonomi Kreatif Wilwatikta telah menggelar Seminar Peningkatan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Pertunjukan. Acara yang berlangsung pada Rabu, 24 April 2024, di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, merupakan bagian dari inisiatif Pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif di subsektor seni pertunjukan. Seminar tersebut diikuti 115 terbagi atas Seniman, Akademisi, Pelaku Seni Budaya, dan Pelaku Ekonomi Kreatif di 38 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur.

Dalam seminar tersebut, beberapa narasumber berkopenten dibidangnya turut berpartisipasi dan memberikan pandangan yang menarik. Gatot Suharto, S.H., MH., Kasubag Pelayanan Kekayaan Intelektual Prov. Jatim, menekankan pentingnya langkah proaktif pelaku seni pertunjukkan dalam melindungi karya dari plagiasi. Beliau juga menyampaikan kemudahan dalam memperoleh sertifikat melalui fasilitas online yang disediakan oleh Direktoral Jendral kekayaan Intelektual dengan Alamat website https://dgip.go.id/

Dr. Eko Supriyanto, S.Sn., M.Sn. (Eko Pece), seorang seniman, dosen, dan praktisi seni, menyoroti peran observasi riset dalam menyusun langkah strategis untuk menghasilkan karya yang berkualitas. Dr. Eko juga menekankan pentingnya kolaborasi lokal dan pemberdayaan masyarakat untuk mencapai dampak ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan yang positif. 

Sementara itu, Redy Eko Prastyo, S.Psi, M.I.Kom, seorang dosen dan praktisi Ekonomi Kreatif, menggarisbawahi pentingnya memanfaatkan teknologi AI dalam meningkatkan upaya pemasaran dan branding. Dengan mengadopsi inovasi ini, diharapkan jangkauan pasar EKRAF dapat diperluas.

Selain seminar, UPT Pemberdayaan Lembaga Seni dan Ekonomi Kreatif Wilwatikta juga berkomitmen untuk terus mengembangkan subsektor seni pertunjukan dan menjadikan Taman Candra Wilwatikta menjadi bagian penting dalam pertumbuhan ekonomi kreatif di Jawa Timur. Dengan semangat ini, diharapkan seni budaya di Jawa Timur dapat terus lestari, berkesinambungan, dan berkembang. (PLSW)