Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Ajak 40 Pengelola Daya Tarik Wisata, Disbudparprov Jatim Gelar Bimtek Tata Kelola Destinasi Pariwisata

Kota Batu - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengembangan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Berbasis Data (Data-based Policy). Bertempat di Royal Orchid Hotel, Kota Batu, Rabu (23/8), kegiatan tersebut dihadiri oleh 40 peserta dari pengelola pariwisata se-Jawa Timur.

Bimbingan teknis tersebut diselenggarakan dalam rangka tugas pembantuan pengembangan tata kelola destinasi pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun anggaran 2023.

Tari Sekar Arum dari Sanggar Kalimas menjadi sajian seni pembuka bimtek tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiyono dalam sambutannya menyampaikan perlu sinergitas antara Taruna Budaya dengan Desa Wisata dan Pengelola Destinasi. Lebih lanjut Hudiyono mengajak untuk menjalankan asas Inisiasi, Kolaborasi dan Inovasi (IKI).

Selanjutnya, Kadisbudparprov Jatim mengajak para pengelola pariwisata untuk berkolaborasi dengan penyelenggaraan event. Hudiyono menambahkan, dengan banyaknya event akan mengundang banyak wisatawan yang nantinya akan meningkatkan perekonomian Jawa Timur.

Beberapa materi disampaikan terkait Bimtek kali ini. Antara lain Best Practice Pengembangan Desa Wisata dipaparkan oleh Asidewi, sedangkan materi Pengelolaan Pengunjung Sesuai Saya Dukung dan Daya Tampung
disampaikan oleh Jatim Park Group.


Lebih lanjut, materi Pengelolaan Dampak dan Mitigasi Bencana Dalam Pengelolaan Daya Tarik Wisata
oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur. Sedangkan
materi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pengelolaan Daya Tarik Wisata
disampaikan oleh Direktorat Tata Kelola Destinasi Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf.