Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Ajak Pengelola Kampung Wisata, Disbudparprov Jatim Selenggarakan Penguatan Desa Wisata

Kota Malang – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Destinasi Pariwisata menyelenggarakan Kegiatan Penguatan Desa Wisata. Bertempat di The Aliante Hotel & Convention Kota Malang, Selasa (23/5) dan Rabu (24/5), kegiatan tersebut mengusung tema Pengembangan Kampung Wisata di Perkotaan. Kegiatan ini diikuti sekitar 60 orang peserta yang merupakan pengelola Kampung Wisata dari seluruh kota di Jawa Timur. Penguatan Desa Wisata dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Kadisbudparprov Jatim) Hudiyono.

Dalam sambutannya, Kadisbudparprov Jatim menyampaikan bahwa pertumbuhan jumlah desa wisata di Jawa Timur cukup signifikan. Menurutnya, Desa Wisata juga berkontribusi dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Jawa Timur. Hal tersebut tidak terlepas dari peran serta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang aktif dalam mengelola desa wisata atau kampung wisata.

Kadisbudparprov Jatim juga mengajak seluruh peserta untuk mengusung azas Inisiatif, Kolaboratif dan Inovatif (IKI). Selain itu, Kadisbudparprov Jatim berharap sinergitas yang kuat seluruh stakeholder supaya ada sinkronisasi program dari Pariwisata Kabupaten/Kota dan Provinsi. Menurutnya, Disbudparprov Jatim memiliki UPT yang dapat dimanfaatkan oleh desa wisata dengan kapasitas puluhan ribu orang.

Melalui kegiatan penguatan desa wisata di Kota Malang ini, Kadisbudparprov Jatim berharap para narasumber yang terdiri dari akademisi maupun praktisi dapat membagi kiat - kiat dan membangun kreativitas para pengelola kampung - kampung wisata yang tersebar di wilayah perkotaan di Jawa Timur dalam mengembangkan potensinya semaksimal mungkin.    

Dalam kegiatan Penguatan Desa Wisata, dihadirkan narasumber dari berbagai unsur. Antara lain Strategi Komunikasi Dan Pemasaran Kampung Wisata Berbasis Digital - Deny Yudiantoro, Sap, Spd.Mm, Tata Kelola Dan Kelembagaan Kampung Wisata - Andi Yuwono, Konsep Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan - Prof. Luchman Hakim, Strategi Pengembangan Kampung Wisata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat - Isa Wahyudi dan Succes Story - Kampung Tenun Ikat Kediri.