Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Disbudparprov Jatim Tampilkan Kolaborasi Seni dan Budaya dan Penyerahan Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Perak pada Cak Kartolo

Surabaya – pada Upacara Pengibaran Bendera peringatan kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-78 (17/8) di Gedung Negara Grahadi, Gubernur Jawa Timur menyerahkan penghargaan Jer Basuki Mawa Beya Perak kepada tokoh legenda ludruk yaitu Cak Kartolo yang berdedikasi tinggi dan konsistensinya sebagai patron pelestari kesenian ludruk di Jawa Timur.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT Laboratorium dan Pelatihan Pengembangan Kesenian (LPPK) turut serta dalam menyukseskan Upacara Peringatan HUT RI ke-78 di Gedung Negara Grahadi. UPT LPPK menampilkan Kolaborasi Paduan Suara yang diikuti oleh Tim Paduan Suara dari Wilayah Kota Surabaya, Kab. Gresik, Kab. Sidoarjo dan Kab. Situbondo dengan diiringi musik Orkestra tergabung dalam Jawa Timur Youth Orchestra. 

Tim Paduan Suara terdiri dari Shine Harmony Choir (Peraih Gold Medals Kategori  Pop Choir dan Jazz pada event World Choir Games Tahun 2023 di Gangneung  Korea Selatan), SMA Negeri 7 Surabaya, SMA Negeri 14 Surabaya, SMAK Santa Agnes Surabaya, SMA Kristen Petra 5 Surabaya, SMA Negeri 3 Sidoarjo, SMA Negeri 1 Kebomas Gresik, SMA Semen Gresik dan Univ. Ibrahimy Situbondo.

UPT. Pemberdayaan Lembaga Seni Wilwatikta (UPT. PLSW) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur mempersembahkan tarian kolosal berjudul Gayatri Putri Nusantara dengan penyaji dari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatika.

Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur  menampilkan 20 talenta dengan pakaian budaya menggunakan kostum karnaval. Deville garuda, majapahit dan trisula dengan 20 talent dari Jember Fashion Carnival.

Pada tasyakuran dan ramah tamah Gubernur Jawa Timur dengan para pejuan perintis kemerdekaan dan veteran, bidang kebudayaan juga menampilkan pelawak unggulan Jawa Timur yakni Percil Cs, Kuprit dan Tawar.  

Penampilan kolaborasi reog Jawa Timur yang menampilkan Universitas Brawijaya yang menjadi juara di Festival Grebeg Suro, SMKN 12 Surabaya, dan komunitas seniman Surabaya turut memeriahkan peringatan hari kemerdekaan. 250 peserta berkolaborasi dalam penampilan Klana Swandono, Bujang ganong, Jatil, Warok dan Singo Barong.

Pencapaian gemilang ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia sesuai dengan tema peringatan kemerdekaan tahun ini yakni terus melaju untuk indonesia maju dan membawa semangat persatuan melalui pemajuan budaya ke tingkat yang lebih tinggi.