Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Grand Final Pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur 2023

Surabaya-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur berkolaborasi dengan PW Isnu dan Bank Jatim untuk memperkenalkan potensi budaya dan pariwisata religi serta menjaga kelestarian budaya lokal di Jawa Timur. Kolaborasi tersebut diformulasikan menjadi kegiatan Pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur 2023.

Setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang dengan mendatangkan narasumber berkualitas di bidang kebudayaan dan pariwisata, Sabtu (30/9) dilaksanakan Elimination Show & Grand Final Pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur 2023. Proses seleksi dimulai pada 1 September 2023 melalui seleksi administrasi, tes tulis, wawancara dan grand final. Bertempat di Ballroom Bank Jatim Kota Surabaya,  peserta dengan  kemampuan membaca Alquran dan memiliki pengetahuan tentang budaya lokal & pariwisata religi di Jawa Timur berkompetisi untuk merebut gelar juara. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiyono mengatakan, Jawa Timur, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata sangat memerlukan kehadiran duta-duta seperti ini yang memiliki semangat untuk memajukan potensi daerah. Oleh karena itu kami all out untuk membantu ISNU dan bank Jatim untuk bersama-sama memilih yang terbaik dari yang terbaik, dari calon duta kebudayaan dan pariwisata religi pada pagi hari ini. Ke depan duta yang terpilih akan dilibatkan dalam membuat paket-paket wisata. 

Masih menurut Hudiyono, pihaknya terus mendorong masyarakat untuk bersama-sama memanfaatkan potensi pariwisata dengan mengedepankan prinsip tanggung jawab dan berkelanjutan. Hudiyono mengajak seluruh hadirin untuk melakukan IKI (Inisiasi, Kolaborasi dan Inovasi). PW ISNU Mas'ud Said dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan para sponsor, dewan juri, pelatih dan Kader ISNU se Jawa Timur.  Ia melanjutkan, kunci dari kegiatan ini adalah kolaborasi dan sinergitas antar instansi. Menurutnya, tugas kita menemukan titik temu kerjasama. Masih menurut Mas'ud, Jawa Timur merupakan episentrum di Indonesia dengan pusat pesantren dan daya tarik wisata terbanyak dan terluas.

Beberapa nominasi yang dilombakan pada Pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur tahun ini. Antara lain Video Terbaik, Best Dress, Favorit Social Media, Juara Harapan 1 dan 2, Juara 1, 2 dan 3. Bertindak sebagai dewan juri pada Pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur 2023 yakni Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiyono, Duta ISNU Tsoraya Adiba, PW ISNU Mas'ud Said, Bank Jatim Umi Rodiyah, PP ISNU Fadli Yasir, dan kalangan Profesional Inne Nova Ayu.