Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Gubernur Jawa Timur Resmikan Dermaga Pelabuhan Dungkek dan Dermaga Pelabuhan Gili Iyang

Sumenep - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa meresmikan Dermaga Pelabuhan Dungkek dan Dermaga Pelabuhan Gili Iyang. Bertempat di Jalan Penyeberangan Dungkek Kabupaten Sumenep, Selasa (4/7) peresmian dihadiri pula oleh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiyono turut hadir. Dalam peresmian tersebut gubernur Jawa Timur menyerahkan bantuan sosial kepada lanjut usia, ASPD dan Tagana.

Dua dermaga pelabuhan tersebut menjadi penambahan dari 27 pelabuhan strategis sebelumnya yang tersebar di berbagai daerah kabupaten/kota wilayah Jatim, terbanyak berada di Kabupaten Sumenep. Tujuh pelabuhan strategis, satu berlokasi di daratan Kabupaten Sumenep adalah Pelabuhan Kalianget. Sementara enam pelabuhan lainnya berada di kepulauan Sumenep, yakni di Masalembu, Sapudi, Sapeken, Kangean, Keramaian dan Raas.

Pelabuhan Dungkek menjadi infrastruktur yang menghubungkan Pulau Gili Iyang dan Gili Labak. Pulau Gili Iyang merupakan tempat wisata kesehatan. Mengutip sumenepkab.go.id, kandungan oksigen di Pulau Giliyang di atas normal, yaitu dengan konsentrasi oksigen sebesar 20,9% dengan LEL (Level Explosif Limit) 0,5%. Tengara itu mengundang banyak peneliti dan tentu saja, pengunjung atau wisatawan.

Dalam sambutannya Gubernur Jawa Timur mengatakan, dengan dibangunnya Dermaga Pelabuhan Dungkek dan Gili Iyang dapat meningkatkan interkonektivitas ekonomi masyarakat Sumenep dengan pulau-pulau di sekitarnya. Gubernur menambahkan, dengan adanya pelabuhan Dungkek dan Gili Iyang dapat meningkatkan pariwisata di Kabupaten Sumenep.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah membantu pembangunan Dermaga Pelabuhan Dungkek dan Gili Iyang. Kabupaten Sumenep memiliki banyak potensi pariwisata, salah satunya Pulau Gili Iyang dengan kandungan oksigen terbesar kedua di dunia.

Gubernur beserta rombongan selanjutnya melakukan pemotongan pita melati sebagai simbolis peresmian Dermaga Pelabuhan Dungkek dan Gili Iyang. Berikutnya Gubernur beserta rombongan melanjutkan perjalanan menggunakan speedboat menuju Pulau Gili Iyang. Gubernur kemudian menikmati keasrian Pulau Gili Iyang dengan kandungan oksigen terbaik kedua di dunia.