Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Inovasi Disbudpar Jatim Hadirkan Aplikasi Cak Durasim “SiADITA”, Kini Warga Bisa Cek Informasi Pagelaran Dan Seniman Lewat Android

SURABAYA | Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pecinta Seni dan Budaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim melalui UPT Taman Budaya Jawa Timur melakukan terobosan baru dengan menghadirkan aplikasi Cak Durasim.

Tingginya animo masyarakat Jatim untuk menonton pertunjukan kesenian di Taman Budaya Jawa Timur, tentunya akan lebih mudah dengan mendownload Aplikasi e-ticketing Cak Durasim yang tersedia di Google Play Store berbasis Android.

Dikembangkan dengan istilah SiADITA (Sistem Aplikasi Digital Informasi Taman budayA) akan memuat informasi yang terintegrasi dengan fitur-fitur yang tersususun seperti layanan online
antara lain : Informasi Pageleran, Pemesanan Ticket, Pemesanan Persewaan Gedung dan
Wisma, Informasi Seniman, Web, Facebook, Instagram, dan Youtube Cak Durasim.

Di tahun 2022 lalu, penggunaan Aplikasi E-Ticketing Cak Durasim ini hanya berfungsi sebagai E-Ticketing, jadwal pergelaran dan pemesanan ticket online untuk mengatur tempat duduk penonton agar lebih tertib, Namun di tahun 2023 ini sudah disempurnakan lagi tidak hanya dipakai sebagai E-ticketing.

Pada aplikasi Cak Durasim ini, Penonton sekarang dapat informasi mengenai gedung yang ada pada Taman Budaya Cak Durasim, melihat jadwal pagelaran yang ada pada Taman Budaya Cak Durasim, membaca artikel & berita mengenai seniman, mengisi kritik dan saran, mengisi survey kepuasan pengunjung, dan sebagainya.

Bagi sobat budaya, tentunya akan sangat mudah untuk melakukan pemesanan tiket pagelaran hanya melalui ujung jari, bisa masyarakat lakukan dimana saja dan kapan saja.

Bagi pemula, berikut langkah-langkah dan detail menggunakan Aplikasi Cak Durasim “SiADITA” ini :

Saat pertama kali membuka aplikasi, akan muncul halaman awal splash screen sebelum masuk ke dalam aplikasi. Untuk melanjutkan, anda dapat melakukan gesture “swipe up” hingga halaman splash screen naik sepenuhnya.

Selanjutnya, jika aplikasi pertama kali dibuka setelah install. Akan muncul halaman onboarding terlebih dahulu untuk menjelaskan sekilas mengenai aplikasi SiADITA.

Halaman Home adalah halaman awal yang muncul saat aplikasi pertama kali dibuka, Menu Profile menampilkan tentang UPT Taman Budaya beserta sejarahnya.

Menu Tiket Pagelaran adalah menu utama pada aplikasi SiADITA, dimana pengguna dapat melakukan pemesanan tiket pagelaran pada UPT Taman Budaya secara daring melalui aplikasi. Halaman awal yang muncul saat menu Tiket dipilih adalah halaman yang menampilkan semua pagelaran yang akan diselenggarakan di UPT Taman Budaya. Untuk memudahkan pengguna mencari pagelaran yang diinginkan disediakan fitur pencarian pada halaman ini.

Ketika salah satu pagelaran dipilih akan muncul preview detail pagelaran, untuk melanjutkan silahkan klik “Detail Pagelaran” Halaman Detail Pagelaran menampilkan synopsis awal pada pagelaran tersebut juga informasi mengenai batas keterlambatan sebelum tiket hangus.

Setelah masuk ke menu booking tiket, pengguna diminta untuk memilih pada area mana pengguna tersebut akan memilih tempat duduk, terdapat keterangan juga jumlah kursi yang tersisa pada area tersebut.

Setelah memilih area, pengguna diminta untuk memilih pada kursi mana pengguna tersebut ingin duduk. Setelah memilih tempat duduk pengguna dapat klik tombol “Booking” untuk memproses pemesanan. Ketika Pemesanan tempat duduk berhasil, pengguna akan diarahkan menuju halaman Tiket Aktif yang menampilkan semua tiket yang telah dipesan.

Pada halaman detail tiket, terdapat 2 tombol. Tombol tampilkan kode QR digunakan saat pengguna akan check-in di lokasi pagelaran. Pengguna tinggal menunjukan kode QR yang didapat kepada resepsionis untuk kemudian ditukarkan menjadi tiket fisik. Ada juga tombol cancel tiket untuk membatalkan pemesanan tiket tersebut supaya pengguna yang lain juga bisa mendapatkan kursi untuk pagelaran tersebut.

Pada tab selanjutnya adalah History tiket yang menampilkan semua tiket yang telah lalu. Pagelaran yang telah disaksikan oleh pengguna tersebut.

Pada menu selanjutnya yaitu menu web. Berfungsi untuk menampilkan website resmi UPT Taman Budaya Cak Durasim.

Menu Info Sewa menampilkan gedung dan bangunan yang ada di UPT Taman Budaya yang dapat disewa oleh umum, Ketika pengguna memilih salah satu gedung, akan muncul detail data gedung tersebut beserta fasilitas dan kapasitas gedung tersebut.

Pada halaman jadwal penggunaan, pengguna dapat mengecek terlebih dahulu apakah pada hari yang diinginkan gedung yang akan dituju sudah ada jadwal penggunaan atau belum.

Menu Jadwal Pagelaran menampilkan semua jadwal pagelaran yang akan dilaksanakan di UPT Taman Budaya selama satu tahun penuh.

Menu Data Seniman menampilkan semua data seniman yang pernah tampil pada UPT Taman Budaya. Untuk memudahkan pencarian seniman, pengguna dapat memanfaatkan fitur filter berdasarkan kategori seniman dan juga pencarian berdasarkan nama.

Ketika pengguna memilih salah satu seniman, pengguna akan diarahkan menuju halaman detail seniman tersebut yang berisi profil singkat, kontak, dan juga pagelaran yang pernah dilaksanakan.

Menu Agenda pagelaran menampilkan semua pagelaran yang telah diselenggarakan oleh UPT Taman Budaya. Untuk memudahkan pencarian, pengguna dapat memanfaatkan fitur filter berdasarkan tahun dan juga nama pagelaran.

Dan yang terakhir, Pada menu akun, pengguna dapat mengatur data akun miliknya, meliputi : data diri, penukaran kode undangan, memberikan kritik dan saran, mengisi survey, juga melihat list kontak bantuan.

Itulah beberapa tutorial menggunakan aplikasi SiADITA untuk pengguna baru, khususnya sobat budaya yang akan menikmati pertunjukan kesenian di Taman Budaya Jawa Timur di Jl. Genteng Kali No.85, Genteng, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur 60275.

Sebagai tambahan informasi, batas keterlambatan cetak tiket penonton sebelum menikmati pertunjukan di gedung teater Cak Durasim maksimal adalah 30 menit sebelum pagelaran dimulai.