Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Kolaborasi Disbudpar Jatim dan Angkasa Pura I menampilkan Pesona Kota Batu

Kolaborasi apik kembali dilakukan Disbudpar Jatim dengan mitra strategisnya. Berdasarkan kerja sama yang telah terbangun dengan Angkasa Pura 1 Bandar Udara Juanda, ditampilkan promosi budaya dan pariwisata dengan mengusung tema Epic Arjuna Wiwaha, yang didukung oleh Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Pariwisata Kota Batu, pada hari Minggu, 30 Juli 2023 pukul 14.30 WIB.

Pada kesempatan ini, Dinas Pariwisata Kota Batu menampilkan kesenian berupa Tari Kurusetra Himantaka. Tari Kurusetra Himantaka merupakan salah satu tarian khas daerah Kota Batu. Tari tersebut terinspirasi oleh tokoh Arjuna, Niwatakawaca, dan Supraba. Tari Kurusetra Himantaka merupakan tarian yang menceritakan tentang Arjuna yang sedang bertapa di Indrakila untuk meminta tugas kepada para dewa. Berbekal sang Pasopati, Arjuna mengemban tugas suci. Prabu Niwatakawaca yang gugur dalam keniscayaan cinta abadinya, dan Supraba yang bak pelangi namun hujan adanya.

Dengan pertunjukan ini, diharapkan terwujudnya peningkatan ketertarikan wisatawan terhadap kesenian daerah Indonesia pada umumnya dan secara khusus pada kesenian di Jawa Timur. Hal ini juga mendukung posisi Bandara sebagai etalase budaya dan lokasi yang tepat dalam mempromosikan pariwisata dan kebudayaan kepada wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.