Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Kunjungi Pantai Lon Malang, Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Lepas Tukik

Sampang - Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indra Ni Tua mengunjungi Pantai Lon Malang, Kabupaten Sampang, Kamis (15/6). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari penilaian Desa Wisata Bira Tengah sebagai 75 besar  Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023. Dalam kunjungannya, Direktur Tata Kelola Destinasi mendapatkan pengalaman langsung berwisata di desa wisata unggulan Kabupaten Sampang.

Direktur dan Dewan Juri begitu sampai di titik drop off (gate masuk Pantai Lon Malang) disambut oleh Duta Wisata. Direktur beserta rombongan kemudian menerapkan protokol kesehatan CHSE dengan mencuci tangan.  Rombongan kemudian disambut oleh Perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi, Kabupaten dan Forkopimda. Selanjutnya rombongan menyaksikan kesenian lokal kolaborasi diantaranya tari Selamat datang Malate Sato’or , Pencak Silat dan seni musik Daul Dug Dug sambil dikawal menuju lokasi presentasi.

Di lokasi presentasi, PJ. Kepala Desa Bira Tengah, Juskiyanto dan Ketua Bumdes Mitra Mandiri, Mastuki memaparkan potensi pariwisata yang ada di Desa Wisata Bira Tengah.

Usai mendengar paparan,  Direktur dan rombongan melakukan ROJALI (Rombongan Jadi Beli) di stand UMKM Ekraf Karya Desa Wisata Bira Tengah. Beragam produk unggulan dipamerkan, salah satunya demo masak kuliner khas Bira Tengah. Direktur kemudian memasak bersama anggota UMKm lalu melakukan review kuliner bersama rombongan. Sementara itu di saung Sablon Kaos, direktur mendapat hadiah spesial dari pegiat UMKM.

Selanjutnya Direktur dan Dewan Juri diajak untuk menjajal pengalaman berwisata dengan naik ATV menuju Atraksi Spesial Karapan Kelinci khas Bira Tengah. Di titik Karapan Kelinci, terpasang track jalur Karapan Kelinci. Direktur beserta rombongan selanjutnya melepas kelinci yang semangat untuk adu kecepatan. Berikutnya Direktur melanjutkan naik ATV menuju Titik Rilis Tukik.

Dengan menaiki ATV, Direktur dan Dewan Juri bersama Wakil Bupati menuju pantai sisi kanan untuk melepas tukik/penyu hasil konservasi Desa Wisata Bira Tengah. Berbeda dengan pelepasan tukik di tempat lain, di Desa Wisata Bira Tengah prosesi pelepasan tukik menggunakan batok kelapa. Usai melepas tukik, rombongan kembali menaiki ATV menuju titik doorstop.

Di titik doorstop Direktur berbagi kesan pengalaman berwisata selama visitasi di Bira Tengah. Dilanjutkan dengan sambutan Bupati, penyerahan Prasasti, Plakat, Sertifikat dan Dukungan pengembangan wisata Bira Tengah yang ditiipkan mas Menteri lewat Direktur.