Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Lakukan Pembaharuan Data Pariwisata, Puluhan Surveyor Ikuti Workshop

Kota Batu - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melaksanakan Workshop Pemahaman Indikator dan Pengisian Data Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif. Workshop dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2023 di Royal Orchids Garden Hotel Kota Batu.

Puluhan peserta mengikuti workshop tersebut. Peserta berasal dari Dinas kabupaten/kota yang membidangi pariwisata se-Jawa Timur, koordinator surveyor Sisparnas Jawa Timur dan surveyor Sisparnas Jawa Timur.

Dalam kesempatan disampaikan dua paparan. Yakni Penyampaian Indikator dan Mekanisme Pengisian dan Pembaharuan Data Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif ke Dalam Sistem Informasi Kepariwisataan Nasional yang disampaikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Haryono.

Sementara itu paparan kedua disampaikan materi terkait Teknik Pengumpulan Data oleh praktisi bidang statistika, Badan Pusat Statistik Jawa Timur Umar Sjaifudin.

Dalam sambutannya, Edy Supadji menyampaikan, sistem informasi kepariwisataan nasional (sisparnas) merupakan pusat data dan informasi kepariwisataan nasional yang berupa sumber data yang diinput secara mandiri oleh pengelola destinasi, industri pariwisata, dinas pariwisata provinsi, serta kabupaten/kota dimana proses data dikembangkan dengan prinsip sentralisasi data.

Eddy menambahkan, data yang di input terdiri dari data terkait gambaran umum pariwisata daerah, kebencanaan, isu yang berkembang, aksesibilitas, amenitas, serta atraksi yang dapat menciptakan kesamaan dan kesatuan data dari tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota.