Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Lestarikan Budaya Leluhur, Warga Desa Kalibuntu Kab. Probolinggo Gelar Petik Laut

Probolinggo - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa menghadiri kegiatan Petik Laut Desa Kalibuntu, Kabupaten Probolinggo. Rabu (2/8) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiyono hadir mendampingi gubernur. Petik Laut diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur warga atas rezeki yang didapat dari laut.

Warga setempat terlihat antusias berpartisipasi pada Petik Laut tersebut. Tak hanya orangtua, para pemuda juga antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Ragam hasil bumi dilarung ke laut dalam ritual tahunan itu antara lain buah-buahan hingga sayur mayur. Selain itu, terdapat aneka jajanan dan sesajen hingga kepala sapi.

Setibanya di Pantai Desa Kalibuntu, Gubernur disambut oleh Ka. OPD Prov. Jatim dan Asisten Sekda Kab. Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur menyerahkan bantuan kepada sejumlah nelayan. Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari keguyuban masyarakat. Lebih lanjut Gubernur mengatakan, budidaya ikan dan tangkapan ikan desa Kalibuntu sangat luarbiasa.

Bupati Probolinggo diwakilkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Probolinggo, Hasyim Asyari menyampaikan sambutan selamat datang. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa daerah tersebut mengalami permasalahan banjir rob. Ia berharap permasalahan tersebut segera ditemukan solusinya.

Kepala Desa Kalibuntu, Hoirul Anam dalam laporannya mengatakan, tahun ini adalah tahun pertama kegiatan Petik Laut Desa Kalibuntu didatangi oleh Gubernur Jawa Timur. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan dan didukung oleh Pemerintah Desa Kalibuntu. Ia berharap dengan kegiatan tersebut dapat melestarikan warisan leluhur.

Penyerahan bantuan oleh Gubernur Jawa Timur kepada:
1. Kel. Unggul Sejahtera
Kel. pilang Kec. Kademangan Kota Probolinggo
Jenis Bantuan:
2.Benih Bandeng 50.000 ekor, Pakan Ikan 813 Kg, dan Pompa Air 1 unit. Hibah Rumah Ikan kepada KUB. RANDU TATAH, Desa Randu Tatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo
3. Dokumen Perizinan PAS KECIL dan E-BUKU KAPAL PERIKANAN kepada 5 orang penerima.
4.  Bantuan Hibah Geomembran dengan penerima Kugar Sidoagung VII Desa Kebonagung, Kec. Kraksaan, Kab. Probolinggo
5. Program Kegiatan Rehabilitasi Terumbu Karang Buatan - Gili Ketapang, Desa Ketapang, Kec. Sumberasih, Kab. Probolinggo
6. Bantuan Alat Pasca Panen (Mesin Sprayer 1 Unit dan Keranjang Ikan 104 Buah) kepada Poklahsar Makmur Jaya.

Selanjutnya dilakukan Pelepasan Sesajen ke Tengah Laut oleh Gubernur Jawa Timur bersama Tokoh Masyarakat. Melalui Petik Laut ini masyarakat yang mayoritas nelayan berharap agar  dijauhkan dari musibah dan hasil tangkap ikan  melimpah ke depannya.