Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Pesona Pantai Ngiroboyo Desa Wisata Sendang Memukau Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf

Pacitan-Visitasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam rangka penjurian Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023 telah sampai di Desa Wisata Sendang, Kabupaten Pacitan. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Hudiyono beserta Bupati, Wakil Bupati dan Forkopim Kabupaten Pacitan menyambut kedatangan Direktorat Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf, Indra Ni Tua, beserta dewan juri Rabu (10/5) di Pantai Ngiroboyo.

Begitu tiba di lokasi, rombongan disambut dengan atraksi Seni Rontek. Seni Rontek merupakan kesenian khas dari Kab Pacitan. Seni Rontek berasal dari kata Ronda Tetek ( Rontek) yang biasa disebut seni musik Rontek. Penyaji Seni Rontek memainkan peralatan musik yang terbuat dari bambu sehingga menghasilkan alunan musik yang unik dan menarik.

Sembari mengenakan pengikat kepala khas Pacitan,  direktur menyapa kepala desa, pengelola wisata, dinas pariwisata, dan Forkopimda. Di saat yang sama, Dewan Juri ADWI 2023, Adie Darmawan dan Sugeng Handoko terlihat melakukan penjurian atraksi rontek untuk kategori seni dan budaya.

Direktur beserta rombongan kemudian mendengarkan pemaparan dari pengelola desa wisata Sendang tentang lima kategori penilaian. Pengelola Desa Wisata Sendang memaparkan potensi wisata mereka sekitar 15 menit. Dilanjutkan dengan penyerahan souvenir berupa baju kepada direktur. Berikutnya, direktur menyampaikan sambutan dan menyampaikan permohonan maaf bahwa mas menteri tidak bisa hadir.

Usai memberikan sambutan, direktur menyerahkan prasasti, plakat dan sertifikat kepada perwakilan Desa Wisata Sendang. Setelah penyerahan pengelola desa mengajak direktur untuk  mengunjungi  produk unggulan Desa Wisata Sendang/stan umkm di sekretariat pengelola Desa Wisata Sendang.

Di penghujung acara, direktur menyaksikan final festival lomba dayung sekaligus memberikan piala kepada pemenang bersama Bupati Pacitan.