Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Rayakan Potensi Desa Wisata, Disbudparprov Jatim Gelar Festival Dewi Cemara 2023

Sumenep - Festival Dewi Cemara berhasil dilaksanakan selama 3-5 November 2023 di jalan Dr. Sutomo, Kabupaten Sumenep tepatnya di depan Kraton Sumenep. Masyarakat terlihat antusias mengunjungi stan pameran Desa Wisata Jawa Timur yang menawarkan paket wisata dan produk UKM. Sajian seni dan budaya khas Jawa Timur bisa dinikmati secara gratis. Pengunjung juga dapat mengikuti sarasehan dengan materi terkait perkembangan pariwisata di Jawa Timur secara gratis. Pengunjung juga bisa mengikuti pengalaman menjelajah desa wisata melalui Virtual  Tour Desa Wisata.

Festival Dewi Cemara 2023 dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Sekda Provinsi Jatim Adhy Karyono Bersama Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah. Turut hadir pula Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Eddy Supriyanto. Sekdaprov Jatim dalam sambutannya mengatakan provinsi Jawa Timur memiliki ragam daya tarik wisata, salah satunya desa wisata. Pertumbuhan desa wisata di provinsi Jawa Timur terus mengalami perkembangan. Potensi yang dimiliki harus dimanfaatkan sebaik mungkin agar membawa manfaat pada berbagai sektor hingga dapat mencapai siklus pariwisata berkelanjutan. 

Adhy juga menyampaikan, Festival Dewi Cemara 2023 hadir sebagai perwujudan Nawa Bhakti Satya Jatim Bhakti ke-9 yakni Jatim Harmony melalui pengembangan dan pembinaan desa wisata. Diharapkan ke depan berkembang destinasi wisata baru yang mampu meningkatkan kapasitas pengetahuan masyarakat setempat melalui pertunjukan budaya. Selain itu, hal ini diharapkan mampu untuk menghidupkan perekonomian desa.

Plt Kadisbudparprov Jatim dalam laporannya menyampaikan, dengan adanya dorongan dari Pemerintah untuk mengembangkan desa wisata, hal itu menjadi salah satu motivasi untuk pemerintah daerah agar mengembangkan desa wisata di wilayah masing - masing. Khususnya di wilayah Jawa Timur yang memiliki ragam pilihan destinasi yang membuat pertumbuhan desa wisata di Jawa Timur terus meningkat. Sampai saat ini Jawa Timur memiliki kurang lebih 596 Desa Wisata yang maju, mandiri, berkembang maupun yang masih rintisan.

Lebih lanjut Eddy menyampaikan, sebagai bentuk apresiasi kepada Desa Wisata di Jawa Timur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur mengadakan festival Dewi Cemara yang bertujuan untuk menumbuhkan motivasi pengelola desa wisata agar selalu melakukan inovasi dan kreativitas masyarakat. 

Selain penilaian terhadap Desa Wisata, melalui Festival Dewi Cemara (Desa Wisata Cerdas Mandiri Sejahtera) untuk mendukung perekonomian desa, maka akan diadakan Pameran dengan tujuan mempromosikan produk UMKM Kabupaten/ Kota di Jawa Timur. Dalam Pameran ini diharapkan masyarakat dapat secara aktif berpartisipasi memamerkan produk unggulan dari daerah masing - masing. 

Lomba virtual Tour juga diselenggarakan untuk mempromosikan Desa Wisata melalui media digital berupa video. Dengan diselenggarakan lomba Virtual Tour ini menjadikan pengelola desa dapat berinovasi dengan memanfaatkan teknologi sebagai media promosi.                

Festival Dewi Cemara 2023 diharapkan dapat memberi manfaat ekonomi, seperti pendapatan dan lapangan kerja, manfaat sosial seperti peningkatan keterampilan masyarakat, manfaat lingkungan seperti peningkatan infrastruktur, dan manfaat lainnya bagi masyarakat.

DAFTAR PEMENANG FESTIVAL DEWI CEMARA 2023 

PENGHARGAAN DEWI CEMARA 
1. DEWI SENDANG, KAB. PACITAN
2. DEWI MAJAPAHIT BEJIJONG, KAB. MOJOKERTO
3. DEWI PANDEAN, KAB. TRENGGALEK
4. DEWI PONCOKUSUMO, KAB. MALANG
5. DEWI KEBANGSAAN WONOREJO, KAB. SITUBONDO
6. DEWI SENDANGDUWUR, KAB. LAMONGAN
7. DEWI GIRIKERTO, KAB. NGAWI
8. DEWI JANTUNG NUSANTARA MASAKAMBING, KAB. SUMENEP
9. DEWI SIDOMULYO, KOTA BATU
10. KAMPOENG HERITAGE KAJOETANGAN, KOTA MALANG

VIRTUAL TOUR DESA WISATA 

1. NURUL FADLI – DESA WISATA SUKOREJO, KABUPATEN BONDOWOSO 
2. ABDUL ROKHIM – DESA WISATA SIDOMULYO, KOTA BATU
3. SAIFUDIN – DESA WISATA KETAPANRAME, KABUPATEN MOJOKERTO 
4. MUHAMMAD SYAHRIL FIRMANSYAH – DESA WISATA PENELEH HERITAGE SURABAYA, KOTA SURABAYA 
5. JULIANTO EFENDI – DESA WISATA TAMBAKSARI, KABUPATEN PASURUAN 
6. HARIANTO – DESA WISATA SIMAN, KABUPATEN KEDIRI 
7. AHYA ULU MUDIN – DESA WISATA OKSIGEN BANRAAS, KABUPATEN SUMENEP 
8. ABDURRAHMAN – DESA WISATA KAMPUNG KOPI GOMBENGSARI, KABUPATEN BANYUWANGI 
9. ROGI EKO FERIANDIK – DESA WISATA GUNUNGSARI, KABUPATEN MADIUN 
10. RIAN ADE SAPUTRO – DESA WISATA SUMBERDODOL, KABUPATEN MAGETAN 

STAN TERBAIK 

1. KOTA MALANG 
2. KABUPATEN BANYUWANGI 
3. KABUPATEN PONOROGO 
4. KABUPATEN BOJONEGORO 
5. KABUPATEN BONDOWOSO 
6. KABUPATEN SITUBONDO 
7. KABUPATEN LUMAJANG 
8. KABUPATEN MALANG 
9. KABUPATEN TRENGGALEK 
10. KABUPATEN KEDIRI 

PENJAGA STAN TERBAIK

1. KOTA MALANG 
2. KABUPATEN PONOROGO 
3. KABUPATEN NGANJUK 

PRODUK TERUNIK

1. KABUPATEN BANYUWANGI 
2. KABUPATEN LUMAJANG 
3. KABUPATEN PONOROGO 

FASILITATOR TERBAIK   

1. KABUPATEN SUMENEP 
2. KABUPATEN TRENGGALEK