Staycation seru dengan view sunset yang indah, kesini aja yuk !

Sambut Peringatan Kemerdekaan, Disbudparprov Jatim Siapkan Kolaborasi Seni

Surabaya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melalui UPT Laboratorium dan Pelatihan Pengembangan Kesenian (LPPK) turut serta dalam menyukseskan Upacara Peringatan HUT RI ke-78 di Gedung Negara Grahadi. UPT LPPK akan menampilkan Kolaborasi Paduan Suara yang diikuti oleh Tim Paduan Suara dari Wilayah Kota Surabaya, Kab. Gresik, Kab. Sidoarjo dan Kab. Situbondo dengan diiringi musik Orkestra tergabung dalam Jawa Timur Youth Orchestra

Tim Paduan Suara terdiri dari Shine Harmony Choir (Peraih Gold Medals Kategori  Pop Choir dan Jazz pada event World Choir Games Tahun 2023 di Gangneung  Korea Selatan), SMA Negeri 7 Surabaya, SMA Negeri 14 Surabaya, SMAK Santa Agnes Surabaya, SMA Kristen Petra 5 Surabaya, SMA Negeri 3 Sidoarjo, SMA Negeri 1 Kebomas Gresik, SMA Semen Gresik dan Univ. Ibrahimy Situbondo.

Latihan bersama seluruh Tim Paduan Suara dan orkestra untuk penyelarasan suara antar tim sehingga membentuk musik yang harmonis. Proses latihan bersama dilakukan selama  3 hari pada tanggal 10, 11, dan 14 Agustus 2023 di Graha Wisata Menanggal Surabaya. Selanjutnya Tim mengikuti gladi resik Upacara pada tanggal 15 Agustus 2023 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Kadisbudparprov Jatim) Hudiyono dalam sambutannya menyampaikan, besok akan menampilkan 20 talenta dengan pakaian budaya menggunakan kostum karnaval. Dikolaborasikan dengan paduan suara.

Kadisbudparprov Jatim menambahkan besok juga akan ada penampilan reog terbaik dari juara di Festival Grebeg Suro. Kadisbudparprov Jatim juga menyemangati para peserta paduan suara agar tampil maksimal.

Sebelumya Tim Paduan Suara melakukan proses seleksi peserta, latihan secara mandiri dengan dipandu oleh pelatih dari masing-masing Tim dan Evaluasi materi oleh Koordinator Pelatih dan Tim melalu proses monitoring.

Perjuangan tim paduan suara dalam memenangkan kompetisi ini dimulai dari delapan bulan yang  lalu di mana mereka telah mengadakan berbagai tahapan, termasuk audisi sejak bulan September 2022, latihan dari 2 kota yang berbeda dan konser pra-kompetisi, sebelum akhirnya bertolak ke Korea Selatan pada awal Juli lalu.

Shine Harmony Choir yang dipimpin oleh Bayu Azhairudin merupakan Tim Paduan Suara Binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang telah memiliki prestasi di berbagai kompetisi paduan suara, baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional. Selain itu mereka juga turut berpartisipasi memeriahkan pada acara kenegaraan di tingkat Provinsi Jawa Timur sebagai Tim Paduan Suara.

Pencapaian gemilang ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Indonesia dan membawa semangat persatuan melalui seni musik ke tingkat yang lebih tinggi. Gitabumi Shine Voices telah membuktikan bahwa talenta Indonesia di dunia musik memiliki potensi besar dan mampu bersaing dengan grup paduan suara terbaik di seluruh dunia.