Ingin Sewa kamar di Wilwatikta-Inn Disbudpar Jatim, klik di sini ya!

Kenalkan Destinasi Sporttourism, Disbudparprov Jatim Gelar Wisata Rafting

Probolinggo-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur melaksanakan Gelar Wisata Rafting 2024, Sabtu (2/3). Kegiatan ini mengambil tempat di desa persawahan kec Tiris, Kabupaten Probolinggo. Kegiatan ini diikuti sekitar 150 orang yang terdiri Asosiasi Pariwisata, Komunitas Fotografer, Duta Wisata Raka-Raki Jawa Timur, Social Media Influencer, jurnalis dan beberapa lintas sektor terkait.

Habib Mahdi, Tokoh Masyarakat Kabupaten Probolinggo memberikan sambutan dalam pembukaan Gelar Wisata Rafting 2024. Habib menyampaikan, wisata rafting ini merupakan salah satu daya tarik wisata penunjang desa wisata. Habib menambahkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan sporttourism di Jawa Timur. Habib berharap, melalui kegiatan Gelar Wisata Rafting dapat memicu peningkatan pergerakan kunjungan wisatawan ke Jawa Timur khususnya di Kabupaten Probolinggo.

Acara dibuka oleh Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur V ( BAKORWIL V ) Jember Nana Fadjar Prijantoro, SH, M.Si.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Kadisbudparpov Jatim) Evy Afianasari, Kadisbudparprov Jatim memberikan keterangan, Provinsi Jawa Timur memiliki banyak tempat indah untuk pengembangan sport tourism dimana kurang lebih terdapat sekitar 70 daya tarik wisata yang dimanfaatkan sebagai sport tourism, mulai dari gunung, laut, dan danau yang selain alam yang indah juga kaya dengan seni dan budaya.

Lebih lanjut Kadisbudparprov Jatim menjelaskan, Jawa Timur juga memiliki potensi fasilitas wisata olahraga yang berstandar internasional, seperti Gelora Bung Tomo yang baru saja menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 pada tahun 2023 yang lalu. Selain itu aktivitas olahraga yang bisa dilakukan di Jawa Timur, seperti golf, menyelam, arung jeram/rafting, memancing, paralayang, dan lain sebagainya. Potensi-potensi tersebut membuat Jawa Timur sangat layak untuk dilaksanakan wisata olahraga.

Masih menurut Evy, Gelar Wisata Rafting 2024 sebagai upaya untuk memperkenalkan sport tourism rafting di Jawa Timur. Pihaknya optimis peluang pengembangan sport tourism ini akan semakin besar nanti, karena masyarakat akan lebih memilih berolahraga dan berwisata di ruang terbuka, di alam bebas. Menurutnya, peluang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip pembangunan pariwisata berkelanjutan.

Dalam Gelar Wisata Rafting 2024, peserta memakai perlengkapan keamanan rafting seperti helm dan rompi pelampung. Peserta diajak untuk menikmati keindahan sungai Pekalen. Indahnya tebing bebatuan, tetesan air dari atas dan kelelawar menyambut perahu peserta.

Usai menikmati pemandangan indah nan alami dari Sungai Pekalen, peserta menyaksikan kirab budaya lokal, yakni sajian buah-buahan hasil panen penduduk setempat. Peserta juga diajak untuk melepas penat dengan menikmati kuliner khas setempat di Basecamp Pekalen Rafting.