Ingin Sewa kamar di Wilwatikta-Inn Disbudpar Jatim, klik di sini ya!

PRESS RELEASE ASEAN PANJI FESTIVAL 2023

SEAN Panji Festival tahun 2023 yang diselenggarakan mulai tanggal 7 Oktober – 28 Oktober merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pedidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam rangka memperingati sastra Panji yang sudah ditetapkan sebagai Memory of the World (MoW) oleh UNESCO pada 31 Oktober 2017. Provinsi Jawa Timur sebagai tempat lahirnya sastra panji berkesempatan untuk menyelenggarakan ASEAN Panji Festival di Jawa Timur yang melibatkan delegasi 9 negara pada tanggal 14 s.d 23 Oktober 2023 hasil kolaborasi Kemendikbudristek, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Kediri, dan Pemerintah Kota Malang .

Asean Panji Festival 2023 diselenggarakan untuk mempromosikan warisan budaya Panji (Inao) yang dimiliki bersama oleh negara anggota ASEAN ,khususnya bagi Jawa Timur sebagai locus tempat lahirnya Budaya Panji (Inao) yang terwujud dalam berbagai ragam ekspresi budaya baik benda (tangible) meliputi aspek budaya bendawi, Panji telah menjadi bagian dalam khazanah cagar budaya di Jawa Timur. Tokoh Panji dipahatkan dalam beberapa peninggalan purbakala di Jawa Timur antara lain pada relief Gambyok, Arca dan relief  Candi Selokelir, relief Candi Penataran, relief Candi Mirigambar, relief Candi Menakjinggo. 

Pada aspek bukan benda (intangible), Cerita Panji menjadi inspirasi dalam berbagai ragam kesenian di Jawa  Timur antara  lain terdapat dalam kesenian Wayang Beber (Pacitan),  Wayang Topeng (Malang), Wayang Thengul (Bojonegoro), Wayang Klithik (Kediri), Penthul Tembem (Madiun), Jaranan (Tulungagung, Trenggalek),  Topeng Dalang (Sumenep), Damar Kurung. Budaya Panji merupakan karya adiluhung bangsa yang diwariskan dari generasi ke generasi agar tetap dilestarikan. Budaya Panji menjadi jembatan untuk mengetahui dan mempelajari nilai-nilai  luhur nenek moyang kita  untuk menyongsong masa  depan yang lebih baik.

 Festival ini akan diikuti oleh 9 negara peserta di regional ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam. Berbagai kegiatan menarik pada ASEAN Panji Festival 2023 di Jawa Timur yaitu : 

Jelajah Jejak Panji di Jawa Timur. Representasi Cerita Panji juga tampak dari berbagai peninggalan cagar budaya yang tersebar di berbagai  wilayah Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan peninggalan cagar budaya di Jawa Timur. Jelajah Jejak Panji di Jawa Timur oleh Peserta yang berasal dari 9 negara Asean dilaksanakan tanggal 17 Oktober 2023 di Candi Penataran Kabupaten Blitar dan Museum Mpu Tantular Kabupaten Sidoarjo.

Seminar Internasional, dilaksanakan tanggal 18 Oktober 2023 bertempat di UNESA. Pertunjukan Kolaborasi yang akan dilaksanakan di GOR Jayabaya Kota Kediri pada tanggal 16 Oktober 2023, di Halaman Balai Kota Malang pada tanggal 21 Oktober 2023, dan di Taman Chandra Wilwatikta pada tanggal 22 Oktober.

Pameran Panji dalam perspektif Sejarah dan Purbakala bertempat di Taman Chandra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan pada tanggal 22 s.d 23 Oktober 2023. Kegiatan ini akan memamerkan berbagai koleksi sejarah dan purbakala yang terkait dengan Budaya Panji dari berbagai museum di Jawa Timur. Juga akan dipamerkan berbagai karya seni dan karya kreatif yang terinspirasi dari Cerita Panji oleh beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Jawa Timur.

Adapun pada malam puncak gelaran Asean Panji Festival 2023 di Jawa Timur akan menampilkan karya kolaboratif dari 9 Negara Asean yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 22 Oktober 2022 mulai pukul 19.00 WIB di Amphitheter Taman Chandra Wilwatikta, Pandaan, Kabupaten Pasuruan.